Bang, Adik Lulus UN…!!!

Bang, Alhamdulillah Adek Lulus,

Satu sms yang dikirim oleh adik perempuan ku yang baru saja Lulus dari MAN Blang Pidie, setelah menghadapi bermacam tantangan dalam menghadapi ujian, adik aku beruntung bisa lulus tetapi 34 siswa lainnya yang satu sekolah dengan adik  ku mungkin kurang berutung dalam bernasib-nasibpan di UN. Sehingga 34 orang teman satu sekolah adik ku tahun ini harus menunda kegembiraan untuk melepas seragam sekolah menuju pada perguruan tinggi,  menurut data resmi kementerian pendidikan nasional dari 1.522.162 siswa se Indonesia yang mengikuti UN, yang mengulang, bahasa halus untuk mereka yang tidak lulus, mencapai 10.39 % atau berjumlah 154.079 siswa.

Ada apa dengan pendidikan dikampung sana? Padahal guru-gurunya, kepala dinas dan pemimpin kabupaten juga berasal dari kaum intelektual, memang kebanyakan orang tua menyalahkan guruguru yang tidak becus dalam bidang belajar mengajar, karena guru yang berhadapan dengan siswa setiap harinya, sedangankan idealnya dalam UN ini system penilaian guru tak berlaku dikarenakan penilaian telah dilakukan oleh pemerintah melalui system elektrik, terbaca atau tidaknya lembaran jawaban kepunyaan siswa pada UN itulah yang menentuka lulus atau tidaknya seorang siswa itu.

Memang sebagian siswa menganggap bahwa belajar hanya bisa dilakukan disekolah serta seakan-akan itu menjadi tanggungjawab dewan guru saja, nah disini dibutuhkan kesadaran siswa sendiri dalam proses belajar mengajar, mereka para orang tualah yang sebenar banyak memengang peran penting dalam menentukan arah pendidikan anak-anak mereka,

Semoga tahun depan tidak ada lagi UN, agar penilai guru seutuhnya diperankan disekolah serta dalam lingkungan masyarakat.

Coretan INAS OOS

Satu Tanggapan to “Bang, Adik Lulus UN…!!!”

  1. firdausfarisqi Says:

    selamat buat yg berhasil lulus dalam UNAS 2010, bagi yg belum jangan berkecil hati masih ada kesempatan sekali lagi untuk ujian ulang


Tinggalkan komentar